Sunday, July 14, 2013

Cara Mengatasi "Consider Replacing Your Battery" Pada Windows 7

Beberapa waktu yang lalu, Saya pernah menghidupkan Laptop saya yg berbasis Windows7,
kmudian pada tray Battery muncul pesan"consider replacing your battery" disertai dengan tanda silang merah. Hal ini tentu membuat saya jadi khawatir akan hal itu, 



 "dan Apa memang udah waktunya ganti baterai? padahal harga Baterai Laptop kan mahalll... "
Tak perlu khawatir sob, disini Ikhzan akan membahas mengenai hal tersebut...
Berdasarkan Pengalaman Ikhzan, saya cari-cari di Google, dan akhirnya mnemuakn caranya. 






Berikut langkah-langkah nya :


1. Charge baterai anda sampai full (98% – 100%), setelah itu matikan laptop Anda. Sampai tahap ini jangan dulu cabut charger-nya.

2. Hidupkan laptop Anda lalu tekan F8 berulang-ulang sampai muncul menu Advanced Boot Options. Kemudian pilih Safe Mode.


3. Setelah sudah masuk ke dalam Windows Safe Mode, barulah cabut charger baterai laptop Anda


4. Biarkan saja laptop menyala sampai mati sendiri karena baterainya benar-benar habis. Sangat  disarankan untuk tidak mengoperasikan laptop Anda selama proses ini. Biarkan saja sampai laptop mati sendiri.

5. Setelah mati, pasang kembali charger laptop Anda, lalu nyalakan kembali laptop Anda dengan normal. Hasilnya…semua kembali normal! Notifikasi “consider replacing your battery” dan tanda silang merah di icon baterai tidak muncul lagi.


Teknik di atas pada dasarnya adalah suatu cara untuk mengkalibrasi kapasitas baterai laptop Anda. Dengan menjalankan laptop mulai dari kondisi awal baterai penuh (kapasitas 100%) sampai benar-benar habis (kapasitas 0%), maka Windows 7 jadi “tahu” kapasitas sebenarnya (real capacity) dari baterai laptop, dan secara otomatis men-setting ulang parameter-parameter yang berkaitan denganbaterai laptop tersebut



Begitulah langkah-langkah Cara Mengatasi "Consider Replacing Your Battery" Pada Windows 7.
Semoga Bermanfaat dan Berhasil.
Load disqus comments

1 komentar: